Cara Mengambil Gambar Screenshot Pada Perangkat Android

4ditya.com - Sobat, pengguna perangkat android saat ini semakin banyak, tidak hanya remaja, orang tua, bahkan anak-anakpun saat ini telah dikenalkan dengan teknologi tersebut. Pada kali ini, saya akan sharing cara untuk mengambil screenshot pada perangkat android Anda tanpa rooting perangkat atau memasang aplikasi pihak ketiga.

Screenshot merupakan sebuah gambar yang diambil, berasal dari tampilan layar pada saat itu juga. Untuk mengambil screenshot di smartphone yang saat ini menjadi gadget yang sangat populer di dunia, dimana bisa untuk beberapa tujuan seperti membuat tutorial, memberikan bukti transfer atau transaksi untuk urusan bisnis, dan tujuan-tujuan lainnya.

Cara mengambil gambar screenshot pada perangkat android, Umumnya ketika dilakukan screenshot maka akan terdengar bunyi memotret menggunakan kamera pada ponsel. Tetapi cara pengambilan screenshot pada masing-masing smartphone berbeda-beda, untuk itu pada kali ini saya akan share cara mengambil screenshot di berbagai perangkat android, berikut penjelasannya di bawah ini.

1. Mengambil screenshot di smartphone Android
Pada platform Android terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengambil gambar screenshot, itu juga tergantung dari merek ponsel yang digunakan. Cara-cara yang dapat dilakukan seperti menggunakan tombol power yang ditekan secara bersamaan dengan tombol mengecilkan volume, kemudian menahannya selama sekitar 3 detik, hingga nantinya terbentuk sebuah screenshot (biasanya jika screenshot berhasil dibuat akan ditandai dengan tanda getar). Dan screenshot tersimpan di Android secara otomatis.

Cara lainnya, yaitu dengan menekan tombol power sekitar tiga detik, kemudian akan muncul menu, maka pilih menu “Take Screenshot”.

2. Cara Screenshot di Evercoss & Cross Andromeda Series
Untuk mengambil screenshot pada perangkat Ponsel Evercoss dan juga Cross Andromeda maka caranya dengan menekan pada tombol “Volume Down” (tombol mengecilkan  suara) dengan tombol “Power” dengan bersamaan sekitar 3 detik.

3. Cara screenshot pada Samsung Galaxy
Cara mengambil screenshot baik itu pada Samsung Galaxy Young, Galaxy Star, Galaxy Young Duos, dan Galaxy Mini, itu semua sangat mudah dilakukan. Yang perlu kamu lakukan adalah tekan tombol “Home” dan “Lock” dengan bersamaan. Apabila Kamu gagal dalam melakukan hal itu, maka Kamu dapat melakukan dengan tekan pada tombol “Home” dan ditahan, kemudian tekan tombol “Lock” sebanyak dua kali.

4. Cara mengambil screenshot di Sony Xperia
Screenshot di Ponsel Sony Xperia sangatlah mudah, Kamu hanya perlu menekan pada tombol volume bawah dengan tombol “Power” bersamaan sekitar 3 detik, maka screenshot sudah dapat dibuat.

5. Mengambil Screenshot di Oppo Smartphone
Untuk mengambil screenshot di Oppo Smartphone yaitu tekan pada tombol dua tombol secara bersamaan, yaitu Volume bawah (down) dan Power sekitar 3 detik, maka screen capture akan dibuat.

6. Mengambil screenshot di Lenovo Smartphone
Mengambil screenshot pada ponsel Lenovo, dengan tipe seperti Lenovo A369i salah satunya, maka caranya adalah dengan menekan pada tombol “Volume bawah” dan tombol “Power” secara bersamaan sekitar 3 detik.

Sekarang kamu bisa mengambil screenshot pada smartphone milik Kamu, hanya memerlukan beberapa detik saja. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Please leave a comment