Tips Membedakan Sendiri Beras Plastik dan Beras Asli

4ditya.com - Beredarnya beras sintesis tidak hanya meresahkan pedagang karena membuat omset mereka turun drastis tapi juga merugikan konsumen. Namun, sebagai konsumen cerdas hendaknya teliti sebelum membeli beras agar beras yang dikonsumsi benar-benar bermanfaat.

Berikut ini 7 tips bedakan beras plastik dan beras asli sebelum membelinya:

1. Terdapat putih susu dibagian tengah. Butiran beras berwarna putih dengan warna bagian tengahnya putih susu. Sedangkan beras sintesis warnanya hanya putih saja secara keseluruhan bagiannya. Kecuali beras ketan yang warnanya memang putih seperti putih susu.

2. Ambil satu biji beras dan tekan. Beras asli jika ditekan akan patah, akan tetapi beras plastik sulit pecah. Caranya ambil satu butir beras lalu cobalah patahkan dengan dua tangan. Bekas patahan antara beras asli dan sintesis pun berbeda. Untuk lebih memastikan hendaknya Anda uji pada sisa beras asli yang ada di rumah.

3. Sulut beras dengan korek api. Dalam wawancara saat sidak pasar untuk mencari beras plastik, menteri perdagangan Rachmat Gobel menjelaskan cara membedakan beras sintesis secara sederhana. Caranya dengan menyulutkan api pada beberapa biji beras, beras sintesis akan meleleh sedangkan beras asli hanya akan gosong.

4. Warna beras asli tidak mengkilap. Para pedagang beras asli di pasar turut memberikan tips membedakan beras sintesis dengan beras asli. Menurutnya beras sintesis mempunyai warna yang lebih mengkilap dibandingkan beras asli. Perhatikan baik-baik, niscaya perbedaan warna tersebut akan terlihat.

5. Aroma beras asli itu khas. Beras asli itu beraroma, macam-macam aromanya ada yang wangi dan ada yang beraroma sedikit apek atau sejenisnya. Sedangkan aroma beras sintesis tidak ada. Oleh karena itu sebelum membeli beras, ambil dan cium baunya, para ibu rumah tangga tentu lebih tahu.

6. Genggam beras dengan kuat. Cara untuk membedakan antara beras sintesis dan beras asli selanjutnya dengan menggenggam beras dan menekannya kuat-kuat. Setelah itu lepaskan perlahan, jika beras mengempal maka perlu diwaspadai. Beras dengan ciri seperti itu bisa dicurigai sebagai beras plastik atau beras dengan kualitas kurang bagus.

7. Masukkan beras ke dalam air. Pedagang sebuah pasar di Jawa Timur mengungkap rahasia membedakan beras sintesis dan beras asli. Dengan cara memasukkannya ke dalam gelas berisi air. Lihat beberapa saat kemudian, beras sintesis bentuknya akan berubah membesar. Sedangan beras asli masih dalam keadaan seperti sebelum terkena air.

Meskipun operasi pasar telah dilakukan, sebagai konsumen kita juga tidak boleh lengah. Konsumen harus jeli membedakan sendiri mana beras plastik dan mana beras asli.

Sumber : aritunsa,com

No comments:

Post a Comment

Please leave a comment