Meningkatkan Kecepatan Komputer dengan ReadyBoost di Windows 8 dan 8.1

Apakah Anda sudah memasang Windows 8 atau 8.1 di Laptop Anda? Trus apakah sudah mencoba fitur yang bernama ReadyBoost? Fitur ini sebenarfnya sudah ada sejak Windows Vista di perkenalkan, namun tentu saja terus dikembangkan dari segi kemampuannya. Namun perlu diketahui bahwa sebelum Anda
membeli Laptop dan memasang sistem operasi harus diperhatikan kemampuan dari lapotp dan tentu saja nantinya akan berhubungan erat dengan fitur dari sistem operasi yang akan Anda pasang.

Kalau kita perhatikan saat ini jarang dan bisa dikatakan hampir tidak ada laptop, netwbook atapun komputer PC yang menggunakan memory 128 Mbyte atau 512 Mbyte. Umumnya sudah terpasang memori di atas 1 Gbyte. Namun kadang-kadang kapasitas slot memori yang tersedia untuk laptop atau netbook kelas mengenah umumnya sudah maksimal 2 Gbyte dan apabila akan menaikan memori sudah tidak memungkinkan lagi karena mainboard yang digunakan sudah tidak memungkinkan lagi untuk dipasang atau ditingkatkan kapasitas memorinya. 

Oleh karena itu apabila Anda akan membeli laptop atau komputer sebaiknya dicek sampai berapa apabila suatu saat memoriya akan ditingkatkan. Namun demikian, bagi mereka yang sudah terlanjur dan memiliki laptop atau komputer dengan memori maksimal 1 Gbyte, maka solusi agar Laptop, netbook atau komputer Anda bisa bekerja maksimal yaitu dengan mengingkatkan Virtual Memori dengan memanfaatkan fasilitas yang bernama ReadyBoost. 

Memory tidak masalah


Seperti telah dijelaskan diawal tulisan ini, bagi laptop atau komputer generasi 2007 atau 2008 yang masih menggunakan mainboard yang hanya support maksimal 1 Gbyte, tidak perlu report cukup memanfaatkan USB Flash untuk meningkatkan virtual memori komputer Anda.

Sebenarnya fasilitas Readyboost ini sudah diperkenalkan sejak beberapa waktu lalu, tetapi tidak semua pengguna Windows Vista, Windows 7 dan bahkan Windows 8 atau 8.1 sudah mengenal dan memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan kecepatan komputernya. Fitur ini sangat mumpuni dan cukup baik bila digunakan secara maksimal, baik di Windows Vista, Windows 7 maupun Windows 8 atau 8.1. Sehingga dengan memanfaatkan fitur canggih ini komputer yang sebelumnya sedikit lambat akan tertolong dan kecepatannya akan meningkat dibandingkan sebeumnya.

Apa yag dimaksud dengan ReadyBoost? Readyboost adalah fitur canggih yang disediakan Microsoft untuk meningkatkan performa komputer dengan memanfaatkan USB Flash disk, SD Card ataupun Memory Card. Sebagai contoh, untuk meningkatkan Virtual Memory, Anda akan menggunakan USB FlashDisk misalnya Kingstone 4 GB. Dengan menggunakan FlashDisk tersebut, kecepatan komputer Anda akan meningkat.

Dengan teknologi ReadyBoost tersebut komputer akan mampu menyediakan cache memory sebagai perluasan RAM (Random Access Memory) komputer untuk meningkatkan kinerja Windows Vista 7, Windows 2008 atau Windows 8. Sebagaimana kita ketahui bahwa, sistem operasi khususnya keluarga Microsoft Windows mempunyai jalur cepat untuk mengakses resources dari memori dibandingkan lewat media lain seperti hard disk. Oleh karena itu peningkatan virtual memory akan sangat membantu dalam hal ini.

Langkahnya bagaimana?

Untuk menggunakan fitur ReadyBoost tersebut Anda siapkan Flashdisk. Sebelumya Anda coba masukkan FlashDisk tersebut apakah mendukung ReadyBoost atau tidak. Jika mendukung, maka akan tampil seperti gambar AutoPay dan disitu terlihat pilihan Speed up my system (Using Windows ReadyBoost).

Dengan melihat kompatibilitas tersebut, maka dapat dipastikan FlashDisk Anda mendukung fasilitas Readyboost. Untuk selanjutnya lakukan proses format, pada saat format tersebut pahatikan Anda harus menggunakan pilihan NTFS (New Technology File System), FAT16 (File Alocation Table), atau FAT32 saja. Setelah proses format selesai dilaksanakan Anda bisa langsung memanfaatkan fasiltas tersebut. Untuk itu cara yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Masukkan USB Flash disk atau memory card dengan kapasitas minimal 1GB, mendukung standar USB 2.0 serta harus kompatibel dengan ReadyBoost. 
  • Kemudian, sistem akan memberikan pilihan apakah USB Flash disk tersebut akan digunakan untuk media penyimpanan atau untuk ReadyBoost. Di sini Anda pilih untuk ReadyBoost. 
  • Pilihlah menu ‘Use this device’ dan tentukan kapasitas memorinya, jika Anda tidak akan menggunakan memori default yang sudah ditentukan secara otomatis oleh Windows Vista atau Windows 8.
Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan fasilitas ReadyBoost dengan cara yang lebih umum dilakukan, yaitu: Klik kanan muuse Anda tepat di USB Flashdisk Anda, pilih dan klik Properties, lalu klik Readyboost. Setelah itu klik Dedicated this device to Readyboost atau bisa juga dengan memilih Use this device, kemudian Anda tentukan jumlah memori yang akandigunakan. Apabila sudah selesai klik Apply atau OK.

Setelah melakukan proses seperti yang dijelaskan di atas, untuk mengetahui hasilnya Anda cukup mengklik Flashdisk, akan terlihat pada Faslhdisk tersebut berwarna merah seolah penuh dengan data. Kemudian Anda klik USB tersebut dan akan terlihat file baru bernama ReadyBoost. Kalau Anda klik lagi di atas file ReadyBoost, maka akan tidak bisa membuka file tersebut, karena memang bukanlah file data.

Kenapa menggunakan memori flash yang mendukung fitur ReadyBoost untuk melakukan caching dan mengizinkan Windows Vista, Windows Server 2008 atau Windows 8 atau 8.1 untuk melakukan pembacaan disk secara acak dengan performa yang umumnya 80 hingga 100 kali lebih cepat ketimbang hard disk tradisional biasa? Di sini fungsi caching bisa diaplikasikan ke semua isi dari hard disk seperti dll, sys, dan lain sebagainya.

Perangkat memori flash umumnya lebih lambat memang saat digunakan untuk memproses I/O secara berurutan (sequential I/O), sehingga untuk memaksimalkan performa, ReadyBoost menawarkan logika untuk mengenali permintaan pembacaan secara berurutan yang besar, untuk itu lalu mengizinkan permintaan-permintaan tersebut dilayani oleh hard disk, sehingga kecepatan maksimal akan didapatkan.

Persyaratan ReadyBoost

Untuk menjalankan fitur ReadyBoost apakah memerlukan persyaratan khusus? Sebenarnya tidak memerlukan persyaratan khusus. Namun tidak semua perangkat keras bisa digunakan dan mendukung fasilitas ReadyBoost yang disediakan Microsoft untuk meningkatkan kemampuan Virtual Memory. Sebagai gambaran berikut ini adalah beberapa persyaratan minimal untuk menjalankan dan memanfaatkan fitur ReadyBoost tersebut.
  • Kapasitas yang dibutuhkan minimal 256 MiB (atau 250 MiB setelah pemformatan). 
  • Perangkat yang lebih besar daripada 4 GiB akan memiliki hanya 4 GiB yang bisa digunakan untuk fitur ReadyBoost. 
  • Perangkat tersebut harus memiliki waktu akses 1 milidetik atau bahkan kurang dari 1 milidetik. 
  • Perangkat tersebut harus mampu melakukan pembacaan paling tidak 2,5 Megabyte per detik. Sementara itu untuk pembacaan acak dalam blok 4 KiB di atas keseluruhan drive tersebut. Selain itu perangkat keras yang digunakan juga harus mampu melakukan penulisan paling tidak 1,75 Megabyte per detik untuk penulisan secara acak dalam blok 512 KiB di atas keseluruhan drive tersebut. 
  • Perangkat tersebut minimal harus memiliki ruangan kosong sebesar 235 MiB. 
  • Selain itu perangkat tersebut juga harus diformat dengan menggunakan NTFS, FAT16, atau FAT32. Sistem berkas exFAT tidak didukung oleh fitur ReadyBoost. Untuk keamanan sebaiknya Anda forat NTFS saja. 
Fitur ReadyBoost dalam Windows Vista, Windows Server 2008 atau Windows 8 hanya dapat mendukung satu perangkat saja yang bisa digunakan untuk fitur ini. Jadi jika Anda akan memanfaatkan dua FlashDisk sekaligus, maka hal ini tidak mungkin bisa dilakukan, karena hanya satu perangkat saja yang didukung pada saat sistem bekerja.

Perlu diketahui bahwa jumlah kapasitas memori flash yang dapat digunakan untuk akselerasi Windows ReadyBoost yang direkomendasikan adalah satu sampai dengan tiga kali jumlah kapasitas memori yang terinstalasi dalam Laprop, NetBook atau komputer Anda. Dengan melihat fitur ini secara mendalam kemungkinan besar banyak juga yang tertarik untuk memanfaatkan ReadyBoost untuk meningkatkan kinerja Windows Anda.





No comments:

Post a Comment

Please leave a comment